Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

 

Era digital memberikan perubahan besar terhadap seluruh aktivitas kehidupan masyarakat saat ini. Salah satu yang kemudian memberikan dukungan perubahan tersebut adalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat. Dengan TIK, masyarakat diberikan kemudahan untuk mengakses informasi dalam menunjang pekerjaannya. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media[1].

Tentunya teknologi tersebut, membutuhkan dukungan keahlian/skill dalam menggunakannya.  Istilah yang kemudian kita lebih kenal saat ini yaitu Literasi TIK. Dimana literasi itu sendiri umumnya dapat diartikan sebagai kemampuan membaca dan menulis. Kemudian literatus (dalam bahasa latin) diartikan sebagai orang yang belajar. Menurut National Institute of Literacy, literasi didefinikan sebagai kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung,dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian perkejaan, keluarga, dan masyarakat. Dari pengertian mengenai literasi yang dikeluarkan NIL, dapat kita ketahui bahwa pemahaman tentang arti literasi sendiri tidak dibatasi pada kemampuan menulis atau memabaca saja tapi bagaimana kemudian kemampuan tersebut mampu memberikan pemecahan terhadap suatu permasalahan.

Sehingga bisa dikatakan bahwa “ Literasi TIK adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital, alat komunikasi atau jaringan dalam Mendefinisikan (Define), Mengakses (Access), Mengelola (Manage), Mengintergrasikan (integrate), Mengevaluasi (evaluate), Menciptakan (create) dan Mengkomunikasikan (communicate) Informasi secara baik dan legal dalam rangka membangun masyarakat berpengetahuan. [2]“

 

  • Define : menggunakan digital tools untuk mengidentifikasi dan menggambarkan kebutuhan informasi (identifikasi topik atau permasalahan yang dihadapi)
  • Access : mengetahui cara dan lokasi untuk mengumpulkan dan mendapatkan informasi dalam ruang lingkup digital
  • Manage : mengorganisir, mengklasifikasikan, memilah milih informasi yang ada menggunakan digital tools
  • Integrate : menafsirkan dan menggambarkan informasi yang didapatkan dengan menggunakan digital tools untuk menyatukan, meringkas, membandingkan informasi dari berbagai sumber
  • Evaluate : meninjau lebih jauh atau menilai sejauh mana informasi yang ada memenuhi kebutuhan dari topik atau permasalahan yang dihadapi
  • Create : mengadaptasi, menerapkan, merancang, membangun informasi
  • Communicate : menyebarluaskan atau menyampaikan informasi yang didapatkan terkait topik atau permasalahan yang dihadapi ke pihak luar/audiens tertentu.

 

Sumber :

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi_komunikasi

[2] ICT Literacy Assessment Information and Communication Technology, Educational Testing Service (ETS). Teresa Egan, Project Leader, New Product Development.

http://webspace.ship.edu/hliu/etextbook/e-assessment/ict-assess.pdf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *