Robot pada Bidang Logistik

 

Pekerjaan robot yang bekerja sama saat ini diramalkan sebagai perspektif baru dalam peningkatan kegiatan operasional. Dengan semankin meningkatnya tren kecerdasan buatan dan kemampuan, robotik segerombolan memastikan aplikasi gudang dan pengelolaan lebih banyak kecerdasan untuk banyak tugas yang menantang. Asistem robotika logistik pintar dapat dipandang sebagai prototipe sistem manajemen dan layanan cerdas di masa depan, dan mengungkapkan beberapa sifat penting dari komunitas pintar generasi berikutnya. Merancang platform komunikasi dan manajemen yang efisien dari robot swarm adalah salah satu tantangan dalam industri dan industri logistik pintar, terutama untuk kolaborasi dan koordinasi kegiatan yang kompleks. Penelitian pada prodi teknik elektro merujuk pada beberapa tantangan yang akan segera terjadi dari robotik segerombolan dalam bidang logistik dan meninjau beberapa implementasi terobosan untuk logistik generasi berikutnya.

Dibandingkan dengan bidang lain dalam industri, misalnya manufaktur, industri logistik memiliki lebih banyak tugas dan lebih banyak permintaan dengan berbagai pesanan setiap kali. Setiap pesanan individu, di bidang pengiriman, unik dalam hal pengiriman, penyortiran, dan metode pengepakan. Oleh karena itu, unit pemrosesan diharapkan memesan untuk adaptif, yang berarti kemampuan untuk mengirimkan barang yang benar ke alamat yang benar secara efisien dan memahami kebutuhan pribadi pengguna. Selain itu, meningkatnya jumlah pesanan membuat proses pengiriman hampir tidak mungkin secara manual. Misalnya, perusahaan mal online terbesar di Tiongkok, Alibaba, menerima 657 juta pesanan pengiriman hanya dalam satu hari [2]. Otomasi dan teknologi intelijen yang kuat diperlukan untuk mencegah keterlambatan saat masalah terjadi.

 

Referensi:

[1]    Z. Li, and T. Xu. Application of Robot Technology in Logistics Industry [J]. Logistics technology, pp. 42-44, 2012.

[2] Alibaba, “Alibaba Group Announces December Quarter 2016 Results”; http://www.alibabagroup.com/en/news/ press pdf/p170124.pdf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *