Sistem Transportasi Cerdas Masa Depan dengan Teknologi Computer Vision

Perkembangan teknologi saat ini telah mengubah banyak proses dalam segala aktivitas manusia termasuk terjadinya transformasi sistem transportasi saat ini. Segala permasalahan transportasi jalan tidak selalu dijawab dengan pembangunan fisik atau penambahan kapasitas saja, tetapi membutuhkan dukungan teknologi.

Teknologi informasi memungkinkan elemen dalam sistem transportasi jalan seperti, jalan, lampu lalu lintas, tanda-tanda pesan untuk menjadi cerdas dengan dukungan teknologi komputer (microchip dan sensor) untuk saling berkomunikasi satu dengan lainnya melalui teknologi nirkabel.

Penerapan teknologi informasi dengan sistem transportasi cerdas atau yang lebih dikenal dengan Intelligent Transportation System (ITS) diharapkan dapat membawa perbaikan yang signifikan pada kinerja sistem transportasi jalan, seperti mengurangi kemacetan, meningkatkan keselamatan dan kenyamanan.

ITS telah dikembangakan dengan menerapkan beberapa bidang teknologi seperti microelectronics, AI, robotics, pengindraan, komunikasi, dan control/kendali. Khususnya, Teknologi Computer Vision secara realtime adalah sebagai kunci utama teknologi ITS untuk meningkatkan/menambah atau menggantikan kemampuan penglihatan pada pengendara manusia sebagai fungsi monitoring dan early warning system.

Dengan merubah sistem transportasi  yang sudah ada dan membangun sistem transportasi yang baru dari awal tidaklah praktis serta membutuhkan biaya yang cukup besar. Sehingga, teknologi ITS seperti halnya Teknologi Computer Vision  mestinya secara bertahap ditanamkan ke dalam sistem yang sudah ada, agar memeberikan perubahan dan perbaikan secara sistem sehingga sistem tersebut akan lebih cerdas dan ini adalah sebuah tantangan.

Ada 4 karakteristik aplikasi yang melibatkan Computer Vison  yaitu bantuan perjalanan, bantuan berkendara perkotaan, pengawasan lalu lintas dan jalan raya, dan pengawasan terhadap pengendara. Aplikasi-aplikasi ini telah banyak dipelajari tetapi akan diintegrasikan ke dalam aplikasi yang lebih luas. Teknologi ini akan terus berkembang sejalan dengan teknologi di bidang lainnya seperti AI, microelectronics, dan embedded system, dll sehingga ke depan akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja sistem pada bidang transportasi.

 

Sumber

Masaki I, “Machine-Vision Systems for Intelligent Transportation Systems”. IEEE Intelligent Systems 13(6):24 – 31 · December 1998

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *