Prestasi Dosen dan Mahasiswa

  1. Lomba MAGE

MAGE 5 (Multimedia and Game Event) merupakan kompetisi tingkat NASIONAL yang bergerak di bidang IT bagi para pelajar dan mahasiswa. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember sejak 1 Juni hingga 17 November 2019 ini memiliki banyak sub event yang sangat menarik. Mulai dari Development Competition, E-Sport, WorkShop, TalkShow hingga Olimpiade. Membawa tema ‘Raising a New World of Game and Technology Beyond Imagination’ dengan tujuan memfasilitasi semua kalangan masyarakat (khususnya generasi muda) untuk berkreasi dalam bidang teknologi digital sehingga dapat terbentuk generasi muda yang siap menghadapi perkembangan zaman.

Mochamad Fauzan Rasyid, Abdulloh Hamid Nushfi, dan Moch. Bagus Indrastata Purahita adalah mahasiswa prodi Teknik Elektro ‘18 yang berhasil menuai prestasi. Berangkat sebagai perwakilan dari  Institut Teknologi Telkom Surabaya dalam mengikuti Development Competition khususnya pada bidang IoT. Bermodalkan ide unik nan nyentrik ‘WANI ber-IoT’, posisi semifinalis berhasil mereka dapatkan.

.

Bermula dari pengamatan terhadap kondisi air di Indonesia yang agak buruk dan alat pembaca air yang masih manual, mereka pun menemukan sebuah solusi yang dapat memudahkan dalam proses monitoring kualitas air. ‘WANI ber-IoT’ atau Water Monitoring berbasis IoT adalah teknologi yang menawarkan fitur pengambilan data jarak jauh dan pemahaman sederhana mengenai kondisi air yang ingin diperiksa. Menurut Indra, idenya termasuk unik karena merupakan inovasi yang baru. “Ya soalnya kan belum ada kalau pengecekan air secara IoT,” pungkasnya saat ditanyai pada sesi wawancara.

.

Kepada Tim JOI, Indra menyampaikan sedikit pesan dan pelajaran yang ia dan rekannya dapat selama masa kompetisi, “Kerja sama tim, solidaritas, lebih bertanggung jawab, fokus, dan meskipun belum mendapatkan hasil yang maksimal namun harus tetap tabah.” (Desember 2019, Ray/Iren)

  • Medali Emas di Inovasi Internasional di Kanada
  • Kejuaraan LOOP Academy

Nova Herlina Mila Soetarno

Mahasiswa Teknik Elektro ITTelkom Surabaya, Kelas 2018, dianugerahi sebagai Peserta Terbaik dalam program Magang BUMN Bersertifikat BUMN yang diselenggarakan oleh Telkomsel, Program Magang Telkomsel 2019. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini

  • Kejuaraan AOV

Fatur Alfariz, dari tim Louvre, siswa kelas Teknik Elektro tahun 2018, memenangkan pertandingan tempat kedua Arena of Valor (AOV) di National Rookie Final Esport League di Jakarta.

.

AOV adalah game gaya 3D, orang ketiga, multiplayer online battle arena (MOBA). Para pemain bersaing dalam pertandingan-pertandingan ini yang rata-rata berlangsung sekitar 12 hingga 18 menit. Pemain bertujuan untuk menghancurkan menara di peta dan inti.

  • Penghargaan Satyalencana Wirakarya dari Presiden Republik Indonesia

Selamat kepada Dr. Dwi S. Purnomo (Ketua Yayasan Pendidikan Telkom) atas penghargaan Satyalencana Wirakarya dari Presiden Republik Indonesia pada Peringatan Hari Pos dan Telekomunikasi.

.

Penghargaan ini diberikan kepada Bpk. Dwi atas jasanya dan kontribusinya dalam mengembangkan dan mempromosikan Pendidikan Indonesia melalui Yayasan Pendidikan Telkom.

.

Yayasan Pendidikan Telkom telah memegang institusi pendidikan selama lebih dari 35 tahun. Menyebar dari Daycare, Play Group, Kindergarten, primer, sekunder dan institusi pendidikan tinggi.

  • Kejuaraan Volli Tingkat Institusi

Selamat untuk Teknik Elektro 2018 yang Menjadi Pemenang ke-3 Kompetisi Institut Bola Voli. Acara ini diselenggarakan oleh Vollyball’s Ext. pada 20-21 Januari 2020 di Institut Teknologi Telkom Surabaya.

Leave a Reply