Profile

Sejarah

Program Studi S1 Teknik Elektro terakreditasi dengan peringkat C berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 733/KPT/I/2018 berlaku hingga  tanggal 13 Oktober 2023.

Kurikulum Program Studi S1 Teknik Elektro dirancang dengan total beban 144 sks untuk lama studi 4 tahun/8 semester. Bagi para mahasiswa yang dapat menjaga IP Semester tidak kurang dari 3,00 pada setiap akhir semester telah disediakan perencanaan studi melalui Skema Kurikulum Akselerasi 3,5 tahun/7 semester.

 

 

Visi

Visi, Misi, dan Tujuan Prodi S1-TE dimuat di Borang Pendirian Prodi Teknik Elektro yaitu :

““Menjadi Program Studi Sarjana Teknik Elektro berstandar Internasional yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung peningkatan daya saing bangsa Indonesia””

 

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar Internasional di bidang Teknik Elektro yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi;
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang Teknik Elektro yang diakui secara Internasional;
  3. Memanfaatkan keilmuan di bidang Teknik Elektro untuk pembangunan Indonesia khususnya pada pengembangan industry kemaritiman, logistic dan transportasi

 

Profil Lulusan

Program Studi S1 Teknik Elektro secara institusi menyiapkan lulusan S1 Teknik Elektro dengan kompetensi :

  1. Unggul dalam konsep (teori) serta mampu merancang dan mengembangkan sistem yang berkaitan dengan sistem kendali dan sistem elektronika.
  2. Mampu berkarya dan berkontribusi secara profesional pada kemajuan teknologi di bidang teknik elektro.
  3. Mampu bersaing dan berkompetisi di bidang teknik elektro.
  4. Mampu belajar mandiri dan berkesinambungan serta mampu memanfaatkan potensi diri untuk mengembangkan diri pada lingkungan profesional maupun lingkungan akademisi.

 

Peluang Kerja

Berdasarkan kompetensi yang dimiliki, lulusan Program Studi S1 Teknik Elektro mempunyai peluang bekerja di bidang Teknik Elektro sebagai berikut:

  1. Tenaga Profesional/Ahli Rekayasa dan Penyelia Lapangan

Lulusan Program Studi S1 Teknik Elektro secara umum tersebar di berbagai macam perusahaan sebagai tenaga professional/ahli rekayasa pada bidang sistem kendali dan sistem elektronika. Lulusan S1 Teknik Elektro dengan daya saing yang tinggi juga berpeluang untuk menjadi penyelia lapangan atau bahkan manager.

  1. Peneliti dan Akademisi

Lulusan Program Studi S1 Teknik Elektro dengan kompetensi yang dimiliki seperti uraian di atas dapat peneliti pada bidang sistem kendali dan sistem elektronika di lembaga penelitian. Selain itu, lulusan S1 Teknik Elektro secara umum juga dapat menjadi guru di sekolah kejuruan, dan dapat melanjutkan ke S2 Teknik Elektro atau Program Studi S2 lain yang masih berkaitan dengan Teknik Elektro untuk menjadi seorang dosen atau praktisi.

  1. Technopreneur berbasis TIK

Dengan dibekali konsep technopreneur berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, lulusan S1 Teknik Elektro dapat melihat peluang bisnis dengan menjadikan solusi dari permasalahan BAN-PT: Usulan Akreditasi Program Studi Baru Sarjana 2017 yang ada dalam masyarakat ke dalam sebuah produk yang memiliki nilai jual serta berguna dan dibutuhkan oleh masyarakat.