Program Learning Outcome

Kompetensi Pengajaran
Merujuk pada standar Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET), Program Studi S1 Teknik Elektro secara institusi menyiapkan lulusan dengan kompetensi :
  1. Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan teknik.
  2. Kemampuan untuk merekayasa dan melakukan eksperimen, termasuk juga menganalisa dan menginterpretasikan data.
  3. Kemampuan untuk merekayasa sebuah sistem, komponen, atau proses sesuai dengan kebutuhan dalam batasan-batasan yang realistis seperti ekonomi, lingkungan, sosial, politik, etika, kesehatan, keselamatan, manufakrurabilitas, dan keberlanjutan.
  4. Kemampuan untuk bekerja dalam tim yang multi disiplin.
  5. Kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasian, dan memecahkan permasalahan teknik elektro.
  6. Kemampuan untuk memahami tanggung jawab profesional dan etika lulusan teknik elektro.
  7. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif.
  8. Wawasan luas yang diperlukan untuk memahami dampak dari solusi teknik seperti teknik elektro pada dunia, ekonomi, lingkungan, konteks sosial secara global.
  9. Pengakuan terhadap pembelajaran seumur hidup, dan memiliki kemampuan untuk berkecimpung di dalamnya.
  10. Wawasan terhadap isu-isu kontemporer teknik elektro.
  11. Kemampuan untuk menggunakan teknik, kemampuan, dan ala-alat teknik elektro modern yang diperlukan untuk praktisi teknik elektro.

 

Peluang Kerja :
  1. Tenaga Profesional/Ahli Rekayasa dan Penyelia LapanganLulusan Program Studi S1 Teknik Elektro secara umum tersebar di berbagai macam perusahaan sebagai tenaga professional/ahli rekayasa pada bidang sistem kendali dan sistem elektronika.Lulusan S1 Teknik Elektro dengan daya saing yang tinggi juga berpeluang untuk menjadi penyelia lapangan atau bahkan manager.
  2. Peneliti dan AkademisiLulusan Program Studi S1 Teknik Elektro dengan kompetensi yang dimiliki seperti uraian di atas dapat peneliti pada bidang sistem kendali dan sistem elektronika di lembaga penelitian.Selain itu, lulusan S1 Teknik Elektro secara umum juga dapat menjadi guru di sekolah kejuruan, dan dapat melanjutkan ke S2 Teknik Elektro atau Program Studi S2 lain yang masih berkaitan dengan Teknik Elektro untuk menjadi seorang dosen atau praktisi.
  3. Technopreneur berbasis TIKDengan dibekali konsep technopreneur berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, lulusan S1 Teknik Elektro dapat melihat peluang bisnis dengan menjadikan solusi dari permasalahan BAN-PT:Usulan Akreditasi Program Studi Baru Sarjana 2017 yang ada dalam masyarakat ke dalam sebuah produk yang memiliki nilai jual serta berguna dan dibutuhkan oleh masyarakat.